10 Cara Cantik Mendandani Bridesmaid pada Pernikahan Tradisional

Pernikahan adat telah mengalami banyak perubahan dari zaman nenek moyang kita. Banyak pasangan masih ingin mematuhi budaya mereka, tetapi aturannya tidak seketat dulu. Karena itu, pengantin sering mencari cara kreatif untuk memasukkan selera pribadi mereka ke dalam tradisi untuk membuat pernikahan tradisional mereka lebih modern dan unik.
Pakaian seragam pengiring pengantin perempuan adalah salah satu hal yang paling menarik untuk dipersonalisasi. Dari pakaian klasik dengan roti tradisional hingga pakaian etnik modern, pasti ada seragam yang cocok untuk setiap perayaan. Kami telah mengumpulkan 10 penampilan dari pernikahan tradisional untuk menginspirasi Anda. Gulir ke bawah untuk melihat semua ide!

Baju tradisional

10-cantik-pengiring pengantin-berdandan-tradisional-pernikahan-1
Kenakan pakaian tradisional untuk pengiring pengantin Anda. Pada pernikahan ini, pengantin pria mengenakan topi Mandailing dan pengantin wanita mengenakan suntiang Palembang. Sementara itu, para pengiring pengantin tampil memukau dalam balutan kurung dan kain songket.

10 Cara Cantik Mendandani Bridesmaid di Pernikahan Tradisional Gambar 1

Pengantin Bugis ini dikelilingi oleh pengiring pengantin perempuandia mengenakan bodo warna-warni lengkap dengan kalung dan hiasan kepala. Anda dapat dengan mudah mencari ide dari budaya rumah Anda saat mencari ide untuk seragam pengiring pengantin perempuan.

kebaya loak baru

10 Cara Cantik Mendandani Bridesmaid di Pernikahan Tradisional Gambar 2

Kebaya yang berasal dari Jawa Tengah ini menjadi pilihan klasik untuk pernikahan adat. Saat ini, kutu baru adalah salah satu pilihan paling populer untuk pengiring pengantin karena sederhana namun elegan.

10 Cara Cantik Mendandani Bridesmaid di Pernikahan Tradisional Gambar 3

Anda bisa kreatif memilih bahan kebaya, karena pilihannya benar-benar tidak ada habisnya: renda, katun, atau batik. Anda juga dapat bermain dengan pilihan warna dan pola untuk membuat kombinasi yang unik. Percayalah, para pengiring pengantin perempuan Anda juga akan menyukai tampilan ini.

10 Cara Cantik Mendandani Bridesmaid di Pernikahan Tradisional Gambar 4

Jika Anda menginginkan sesuatu yang berbeda, Anda bisa mempertimbangkan kebaya sorjan. Sorjan sering digunakan oleh pria, namun dengan sedikit modifikasi, wanita juga bisa memakainya dengan baik, terutama bagi mereka yang berhijab.

kebaya motif bunga

10 Cara Cantik Mendandani Bridesmaid di Pernikahan Tradisional Gambar 5

10 Cara Cantik Mendandani Bridesmaid di Pernikahan Tradisional Gambar 6

Jika Anda menyelenggarakan pernikahan tradisional dengan nuansa Antik, opsi ini akan sangat cocok untuk pengiring pengantin perempuan Anda. Pilihan warna sangat penting jika Anda memilih ide ini. Warna-warna cerah akan membuat kesan ceria, sedangkan warna lembut memberikan kesan romantis.

Atasan modern dengan kain tradisional

10 Cara Cantik Mendandani Bridesmaid di Pernikahan Tradisional Gambar 7

Pilihan populer lainnya untuk pengiring pengantin adalah memasangkan atasan modern dengan kain tradisional. Kami sangat menyukai bagaimana gadis-gadis di atas memadukan atasan off-shoulder navy dengan kain batik untuk tampilan yang seksi namun elegan.
10 Cara Cantik Mendandani Bridesmaid di Pernikahan Tradisional Gambar 8
Anda juga dapat membiarkan pengiring pengantin memamerkan kepribadian mereka dengan memberi mereka bahan serupa dan meminta mereka untuk membuat atasan mereka sendiri.

Kebaya Peranakan

10 Cara Cantik Mendandani Bridesmaid di Pernikahan Tradisional Gambar 9

Jenis kebaya yang juga dikenal dengan kebaya encim atau kebaya nyonya ini akan terlihat sangat cantik di pesta pernikahan bertema Peranakan. Lihatlah pernikahan Inka dan Gary, yang mendandani para pengiring pengantin dengan kebaya encim warna-warni di pernikahan bertema Peranakan mereka.

Pakaian Berwarna Lembut

10 Cara Cantik Mendandani Bridesmaid di Pernikahan Tradisional Gambar 12

Warna cerah dan cerah biasanya sangat dominan dalam pernikahan adat. Namun, semakin banyak pengantin yang mulai menggunakan warna-warna pastel netral untuk pakaian mereka. Seperti terlihat pada foto di atas, warna-warna netral juga bisa memberikan kesan elegan yang kalem pada perayaan pernikahan Anda.

Gaun Modern

10 Cara Cantik Mendandani Bridesmaid di Pernikahan Tradisional Gambar 13

10 Cara Cantik Mendandani Bridesmaid di Pernikahan Tradisional Gambar 14

Siapa bilang pengiring pengantin tidak bisa memakai apa pun selain kebaya untuk pernikahan tradisional? Jika Anda masih menginginkan nuansa tradisional, tambahkan sesuatu yang ekstra seperti hiasan bunga atau kebaya renda sebagai sentuhan akhir, seperti foto di atas!

Kombinasi Syal

10 Cara Cantik Mendandani Bridesmaid di Pernikahan Tradisional Gambar 15

10 Cara Cantik Mendandani Bridesmaid di Pernikahan Tradisional Gambar 16

10 Cara Cantik Mendandani Bridesmaid di Pernikahan Tradisional Gambar 17

Tingkatkan tampilan para pengiring pengantin perempuan Anda bisa menambahkan scarf atau syal dengan warna yang kontras. Foto-foto di atas akan memberi Anda contoh, untuk memakainya. Kami terutama menyukai tampilan para pengiring pengantin perempuan dalam batik kemben dan selendang nila. Sangat cantik!

Kerudung

10 Cara Cantik Mendandani Bridesmaid di Pernikahan Tradisional Gambar 18

Selain upacara dan resepsi pernikahan, banyak pernikahan tradisional melibatkan prosesi yang berlangsung sebelum hari pernikahan. Jika pengiring pengantin juga akan hadir di acara tersebut, pastikan mereka berpakaian rapi. Untuk pernikahan adat Gorontalo di Jakarta, Annie meminta pengiring pengantinnya mengenakan pakaian serba kuning lengkap dengan jilbab untuk upacara pengajian.

Aksesoris

10 Cara Cantik Mendandani Bridesmaid di Pernikahan Tradisional Gambar 19

Selain memberikan seragam tradisional pengiring pengantin, ada baiknya juga memberikan aksesoris untuk dikenakan di hari pernikahan mereka. Jika Anda perhatikan dengan seksama para wanita di atas, Anda akan melihat bahwa setiap gadis mengenakan bros berwarna berbeda pada kebayanya.
10 Cara Cantik Mendandani Bridesmaid di Pernikahan Tradisional Gambar 20
Alternatif lain yang bisa dipertimbangkan adalah dengan menyediakan tas jinjing serupa. Seperti Noel yang memberikan tas jerami warna-warni kepada pengiring pengantinnya untuk dibawa pada pernikahan adat Jawanya di Yogyakarta.

Roti Atau Roti

10 Cara Cantik Mendandani Bridesmaid di Pernikahan Tradisional Gambar 21

Untuk tampilan tradisional klasik, mintalah pengiring pengantin untuk mengeriting rambut mereka atau memakai sanggul. Para wanita ini tampil cantik dalam balutan kebaya kutu baru berwarna kuning lengkap dengan sanggul berhias bunga berwarna merah.

10 Cara Cantik Mendandani Bridesmaid di Pernikahan Tradisional Gambar 22

Untuk tampilan yang lebih modern, cukup ikal rambut Anda menjadi gaya up-do yang elegan. Seperti terlihat pada foto di atas, para pengiring pengantin akan tetap terlihat cantik dengan tatanan rambut yang dipasangkan dengan kebaya kartini.

Share This Post

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email