6 Cara Mengatasi Stres Finansial dalam Hubungan

Masalah keuangan menjadi salah satu pemicu konflik yang cukup besar saat menikah. Perlu diingat bahwa kondisi keuangan tidak selalu dalam kondisi baik, apalagi jika Anda sudah berkeluarga.

Ada masalah atau kejadian yang mungkin menguras tabungan atau hal sulit lainnya. Kondisi ini jelas membuat siapapun tertekan, apalagi jika sudah berkeluarga jangan hanya fokus pada diri sendiri karena sudah memiliki tanggungan.

Nah, agar tidak tenggelam terlalu lama karena kondisi keuangan yang menyesakkan, berikut beberapa cara mengatasi stres finansial dalam hubungan, terutama saat sudah menikah.

1. Cerdas mengelola pengeluaran

6 Cara Mengatasi Stres Finansial dalam Hubungan
Saat keuangan sedang sulit, salah satu langkah yang harus dilakukan adalah pintar-pintar mengatur pengeluaran. Anda harus bisa menentukan prioritas agar bisa dialokasikan sesuai kebutuhan yang paling mendesak.

Coba buat daftar prioritas setiap bulan dan coba urutkan kebutuhan yang paling mendesak. Membayar KPR, kebutuhan rumah tangga, dan lain-lain harus masuk dalam daftar dan dana tersendiri untuk masing-masing agar tidak membingungkan Anda nantinya.

Cara mengatasi stres dalam hubungan yang satu ini juga akan memudahkan Anda dalam menghitung pengeluaran nantinya. Mungkin membuat skala prioritas untuk mengatur pengeluaran memang sedikit merepotkan pada awalnya, namun akan sangat membantu nantinya, lho.

2. Hindari pemborosan dan gaya hidup konsumtif

6 Cara Mengatasi Stres Finansial dalam Hubungan
Kemajuan teknologi dan kehadiran perdagangan elektronik, dan kemudahan berbelanja lainnya setidaknya bisa menjadi godaan bagi seseorang untuk hidup konsumtif dan boros. Tapi, tentunya kamu harus punya rem agar tidak merugikan kondisi keuanganmu nantinya, apalagi kalau sudah berkeluarga.

Hindari pemborosan, dan sebisa mungkin jangan mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak perlu. Jangan menghabiskan banyak waktu untuk melihat-lihat perdagangan elektronik, hal ini justru akan memicu nafsu belanja yang tidak terkendali.

3. Mencari pekerjaan sampingan bisa membutuhkan

6 Cara Mengatasi Stres Finansial dalam Hubungan
Jika Anda masih memiliki waktu dan tenaga, tak ada salahnya mencari pekerjaan sampingan yang bisa menjadi solusi saat keuangan Anda sedang tidak stabil.

Apalagi sekarang teknologi sudah begitu maju, sehingga memudahkan kita dalam melakukan berbagai hal. Ketentuan pekerja lepas juga akrab, Anda juga bisa pekerja lepas saat masih melakukan pekerjaan waktu penuh.

Bayaran untuk beberapa pekerjaan sampingan tidak kalah besar dari pekerjaan waktu penuh. Ini bisa menjadi cara yang cukup nyata dan efektif untuk mengatasi tekanan finansial dalam suatu hubungan. Untuk menjalaninya, Anda juga bisa mendiskusikan hal ini dengan pasangan Anda.

4. Lebih hemat

6 Cara Mengatasi Stres Finansial dalam Hubungan
Memotong pengeluaran tertentu dan lebih hemat tentunya menjadi solusi yang harus dilakukan. Banyak cara yang bisa dilakukan saat sedang berhemat, misalnya menanam beberapa bahan makanan sendiri seperti bumbu dapur juga bisa membantu memangkas pengeluaran lho.

Juga mulai mencuci pakaian sendiri daripada menggunakan jasa cucian, juga memangkas pengeluaran dari berbagai hal seperti jajan atau hal lain yang tidak penting. Menabung tentu akan mengobati perasaan resah dan stres akibat keuangan yang tidak seimbang.

5. Siapkan tabungan

6 Cara Mengatasi Stres Finansial dalam Hubungan
Kondisi keuangan yang tidak seimbang juga bisa disebabkan oleh ketidakmampuan untuk memilah anggaran rumah tangga. Penghasilan menjadi lebih boros karena tidak memiliki tabungan.

Memiliki tabungan sangat penting, terutama ketika Anda sudah menikah. Bahkan, lebih baik jika Anda tidak hanya mengandalkan satu tabungan. Anda harus memiliki beberapa tabungan terpisah, misalnya untuk perumahan, pendidikan anak, dan dana darurat.

Adanya tabungan juga dapat membantu Anda di masa-masa sulit, setidaknya Anda memiliki persiapan dalam menghadapi situasi yang terbilang darurat. Menyiapkan tabungan adalah salah satu tindakan pencegahan, sebaiknya lakukan sebelum terlambat.

6. Membuat laporan keuangan setiap bulan

6 Cara Mengatasi Stres Finansial dalam Hubungan
Terakhir, cara mengatasi tekanan keuangan dalam suatu hubungan adalah dengan membuat laporan keuangan bulanan. Catat semua pemasukan dan pengeluaran dalam sebulan secara detail sehingga Anda bisa mengetahui kemana perginya uang tersebut.

Juga bekerja sama dengan mitra saat membuat laporan keuangan bulanan. Transparansi itu penting, jadi pastikan Anda dan pasangan tidak menyembunyikan apa pun tentang pengeluaran bulan ini.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan agar tidak stres saat menghadapi kesulitan keuangan. Perlu diingat, banyak masalah rumah tangga yang disebabkan oleh ketidakmampuan mengelola keuangan, lho. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Share This Post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email