6 Makna Sakinah dalam Pernikahan Menurut Alquran 

“Semoga pernikahannya Sakinah, Mawaddah, Warahmah!”

Kalimat di atas pasti sering kita dengar, apalagi saat kita berada di sebuah pesta pernikahan. Bukan sekedar ucapan selamat, kalimat ini merupakan doa yang sering dipanjatkan untuk pengantin baru.

Namun, tidak banyak orang yang mengetahui arti sebenarnya dari kalimat ini. Nah, jika Anda penasaran dengan makna ‘sakinah’ dalam pernikahan menurut Al-Qur’an, berikut ulasan lengkapnya.

1. Makna Sakinah dalam Islam

6 Makna Sakinah dalam Pernikahan Menurut Al-Qur'an

Istilah ‘sakinah’ memang identik dengan umat Islam, tapi apa sih sakinah itu dalam Islam?

Arti dari sakinah sendiri adalah kedamaian, bisa juga diartikan sebagai ketenangan, atau kedamaian dalam rumah tangga.

Apakah kedamaian dan ketenangan dalam rumah tangga? Tentunya hubungan suami istri akan tetap terjaga dengan baik tanpa adanya godaan, baik dari dalam maupun dari orang lain.

2. Ketenangan yang dirasakan suami istri

6 Makna Sakinah dalam Pernikahan Menurut Al-Qur'an

Ketenangan macam apa yang dirasakan suami dan istri dalam sebuah rumah tangga?

Dikutip dari buku Qira’ah Mubaidah, Ketenangan yang dirasakan suami istri meliputi banyak hal dalam kehidupan sehari-hari. Rasa damai yang dirasakan dapat dirasakan secara spiritual, ekonomi, pribadi, psikologis, dan tentunya hubungan antar sesama.

Ketenangan di atas harus diwujudkan dalam sebuah pernikahan, siapa pun pasti menginginkan kehidupan pernikahan yang damai, bukan? Kedamaian bukan hanya tentang hubungan suami istri yang bersifat cinta dan kasih sayang, tetapi aspek lain juga harus diperhatikan.

3. Sakinah dalam Surah Ar-Rum ayat 21

6 Makna Sakinah dalam Pernikahan Menurut Al-Qur'an Freepik.com

Pembicaraan tentang rumah tangga juga terdapat di dalam Al-Qur’an, khususnya mengenai makna Sakinah. Misalnya, dalam Surat Ar-Rum ayat 21 berikut.

ايَٰتِهِۦٓ لَقَ لَكُم ا لِّتَسْكُنُوا لَيْهَا لَ لِكَ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ

Wa min ayatihi an khalaqalakum min anfusikum azwajal litaskunu ilaiha wa ja’ala bainakum mawaddataw wa raḥmah, inna fī zalika la’ayatil liqaumiy yatafakkarụn.

Itu berarti :

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya adalah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, agar kamu memelihara dan menemukan kedamaian di dalamnya, dan Dia menciptakan di antara kamu cinta dan kasih sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.

Ayat ini mengisyaratkan tentang pentingnya cinta dan kedamaian dalam sebuah rumah tangga. Tentunya hal ini menjadi pengingat bagi kita semua untuk selalu menjaga rumah tangga agar selalu sakinah.

4. Sakinah dalam Surah Al-Fath ayat 4

6 Makna Sakinah dalam Pernikahan Menurut Al-Qur'an

Tidak hanya dalam Surah Ar-Rum, makna Sakinah dalam pernikahan menurut Al-Qur’an juga tercantum dalam Surah lain, yaitu Al-Fath ayat 4 yang berbunyi:

الَّذِيْٓ اَنْزَلَ السَّكِيْنَةَ لُوْبِ الْمُؤْمِنِيْنَ لِيَزْدَادُوْٓا اانًا

اِيْمَانِهِمْ لِلّٰهِ السَّمٰوٰتِ الْاَرْضِۗ انَ اللّٰهُ لِيْمًا اۙ

Huwallazi anzalas-sakinata fi qulụbil-mu’minina liyazdadu Faitham ma’a imanihim, wa lillahi junụdus-samawati wal-arḍ, wa kanallahu ‘aliman Hakima

Itu berarti:

Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin agar bertambah keimanan mereka disamping iman mereka. Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

Ayat ini mengandung makna bahwa Allah SWT selalu mengirimkan ketenangan ke dalam hati setiap orang yang beriman agar selalu beriman dan bertakwa kepada-Nya.

5. Sakinah dalam Surat Al-Fath ayat 18

6 Makna Sakinah dalam Pernikahan Menurut Al-Qur'an

Masih dalam Surat Al-Fath, masih ada satu ayat yang juga membahas tentang makna Sakinah, yaitu pada ayat 18 yang berbunyi:

لَقَدْ اللّٰهُ الْمُؤْمِنِيْنَ اِذْ ا الشَّجَرَةِ

لِمَ ا لُوْبِهِمْ الَ السَّكِيْنَةَ لَيْهِمْ اَثَابَهُمْ ا ا

Laqad raḍiyallahu ‘anil-mu’minina iz yubayi’ụnaka taḥtasy-syajarati fa’alima ma fi qulụbihim fa anzalas-sakinata ‘alaihim wa asabahum fat ang qariba

Itu berarti :

Sesungguhnya Allah telah ridha kepada orang-orang mukmin ketika mereka berjanji setia kepadamu di bawah pohon, maka Allah mengetahui apa yang ada di dalam hati mereka dan menurunkan ketenangan kepada mereka dan memberi balasan kepada mereka dengan kemenangan yang dekat.

Ayat ini menjelaskan bahwa Allah juga memberikan kedamaian di hati setiap muslim yang ingin berperang. Ketabahan dan pahala akan terbayarkan bagi yang menjalaninya.

6. Menjaga rumah tangga agar selalu Sakinah

6 Makna Sakinah dalam Pernikahan Menurut Al-Qur'an

Setelah mengetahui pengertian sakinah dalam pernikahan menurut Al-Qur’an, tentunya kita ingin mengetahui lebih jauh tentang cara menjaga rumah tangga yang sakinah.

Sakinah yang berarti tenteram dan damai dapat diwujudkan dengan selalu adanya cinta kasih dalam rumah tangga. Cinta adalah sesuatu yang harus dijaga oleh suami dan istri. Tanpa cinta, akan sulit mewujudkan rasa damai dalam rumah tangga.

Kesetiaan dan komitmen juga merupakan hal yang perlu dijaga jika ingin rumah tangga selalu sakinah. Jadilah orang yang menjaga loyalitas, karena tidak jarang rumah tangga berakhir bergejolak karena tidak bisa menjaga loyalitas.

Kejujuran juga menjadi salah satu kunci agar rumah tangga selalu tentram. Kebohongan akan menjadi bom waktu yang suatu saat akan meledak dan menimbulkan keresahan dalam sebuah rumah tangga.

Share This Post

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email