7 Ciri-Ciri Teman Sejati Menurut Agama Islam

Memiliki teman yang asyik dan bisa diajak ngobrol tentang apa saja pasti menyenangkan. Apalagi jika Anda bisa berbagi rahasia dan keluhan tanpa ragu, pasti akan membuat Anda berpikir bahwa mereka adalah sahabat sejati.

Memang benar, sahabat sejati pasti bisa menjadi pendengar yang baik dan selalu ada saat kita membutuhkannya. Tapi tahukah Anda bahwa ada juga sahabat sejati yang bisa menuntun Anda ke jalan kebaikan?

Berikut beberapa ciri sahabat sejati menurut islam yang wajib anda ketahui. Apa itu? Berikut ulasan lengkapnya!

1. Percaya kepada Allah SWT dengan cara beribadah

7 Ciri Sahabat Sejati Menurut Islam
Berbicara tentang sahabat sejati yang baik menurut agama tentunya adalah sahabat yang taat beribadah. Mereka selalu mengutamakan hubungan dengan Allah SWT dan mempererat tali silaturahmi melalui ibadah.

Doa yang tidak pernah ditinggalkan, rajin membaca Alquran, dan selalu mengamalkan amal shaleh adalah tanda-tanda yang jelas bahwa dia adalah sahabat sejati yang bisa membawa kita ke jalan yang lebih baik.

Memilih teman memang bukan hal yang baik, tapi bukan berarti kita selalu meniru perilaku buruk teman kita. Jika kita memiliki sahabat yang baik, tentunya kita bisa menjadikan mereka sebagai panutan.

2. Orang yang ceria dan tersenyum

7 Ciri Sahabat Sejati Menurut Islam
Berteman dengan seseorang yang selalu ceria dan memancarkan aura positif tentunya akan membuat mood kita menjadi lebih baik. Apalagi jika kita sedang mengalami masalah dan ingin membuat pikiran kita tenang, tentunya berteman dengan orang seperti ini akan memudahkan kita untuk rileks dan melupakan setiap beban yang ada.

Apalagi sifat senyum juga merupakan salah satu ciri yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW. Perlu juga diingat bahwa senyuman adalah sedekah paling murah yang bisa kita berikan sebagai manusia.

Anda tentu ingin memiliki teman yang selalu memancarkan aura positif? Tidak bisa dipungkiri, sifat baik ini juga bisa menular ke kamu lho.

3. Selalu bersikap baik

7 Ciri Sahabat Sejati Menurut Islam
Terkadang sahabat bisa menjerumuskan kita ke dalam kebencian terhadap orang lain. Adanya gosip dan hasutan yang tidak baik tentunya dapat mempengaruhi cara pandang kita terhadap seseorang.

Namun tidak jika memiliki teman yang selalu baik hati atau husnudzon. Sifat ini tentunya akan mempengaruhi kita secara tidak langsung. Kedamaian dalam hidup juga bisa didapat dari selalu berbuat baik kepada orang lain.

Fitnah dan kebencian juga bisa diatasi jika Anda terus bersikap baik. Memiliki teman yang memiliki sifat-sifat tersebut pasti akan memberikan kita ketenangan dan jauh dari konflik.

4. Membantu ketika teman membutuhkan

7 Ciri Sahabat Sejati Menurut Islam
Sahabat tidak hanya menemani kita saat kita bahagia, ciri-ciri sahabat sejati menurut agama islam selanjutnya adalah sahabat yang membantu kita saat kita dalam kesulitan.

Terkadang orang yang mengaku sebagai sahabat justru meninggalkan kita di saat-saat sulit. Tapi tidak dengan sahabat sejati, jika dia mampu maka dia akan mengulurkan tangan membantu kita.

Sifat tolong menolong merupakan hal yang baik yang harus dimiliki oleh setiap manusia. Apalagi membantu teman tentunya ini juga menjadi panutan yang harus dicontoh. Jika Anda memiliki teman dengan sifat ini, maka dia adalah teman sejati.

5. Menjaga rahasia dan aib teman

7 Ciri Sahabat Sejati Menurut Islam
Sahabat menjadi orang yang selalu tahu cerita kita baik atau buruk. Bahkan, kita sering ‘curhat’ tentang masalah hidup pada keburukan kita sendiri yang tidak bisa kita ungkapkan kepada orang lain.

Tapi, ada juga lho, teman-teman yang membocorkan rahasia bahkan aib kita ke orang lain. Tentu bukan hal yang terpuji dan membuat kita malu serta bisa menimbulkan gosip dan fitnah.

Namun, jika kita memiliki sahabat yang sebenarnya mampu menjaga lidah dan rahasia kita serta tidak mengungkapkan aib kepada orang lain, maka percayalah, dia adalah sahabat sejati yang bisa melindungimu.

6. Merupakan sosok yang dapat dipercaya

7 Ciri Sahabat Sejati Menurut Islam
Mampu menjaga kepercayaan jelas merupakan sifat yang terpuji. Apalagi jika sifat tersebut ada pada teman kita.

Ketika kita menitipkan sesuatu padanya dan dia bisa menjaga kepercayaan itu, maka dia bisa dikatakan sebagai sahabat sejati. Jadi Anda tidak akan ragu untuk memberinya kepercayaan diri dalam suatu tindakan penting.

Padahal, mampu menjaga kepercayaan juga merupakan sifat mulia yang harus dimiliki seorang pemimpin. Wow, sahabatmu bisa menjadi pemimpin yang baik.

7. Selalu mengajak ke jalan kebaikan

7 Ciri Sahabat Sejati Menurut Islam
Ciri terakhir sahabat sejati menurut Islam tentu selalu mengajak mereka ke jalan kebaikan. Teman adalah salah satu faktor yang menentukan tidak hanya gaya hidup kita, tetapi juga kepribadian kita.

Banyak orang yang terjebak dalam pergaulan yang salah karena memilih teman yang justru menyeret mereka ke jalan yang tidak berkenan kepada Allah SWT.

Namun, jika Anda memiliki teman yang suka mengingatkan Anda untuk rajin beribadah, memperingatkan Anda untuk tidak melakukan hal-hal buruk, dan selalu memberi contoh yang baik, maka jelas dia adalah teman sejati bagi Anda.

Itulah beberapa ciri sahabat sejati menurut agama islam yang siapa tahu, ada pada sahabat atau bahkan diri sendiri. Ingat, persahabatan sejati tidak hanya bertahan di dunia ini tetapi juga di akhirat. Semoga artikel ini tidak hanya memberi Anda pengetahuan tentang teman baik, tetapi juga dapat menginspirasi Anda untuk menjadi salah satunya.

Share This Post

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email