Ini Makna Rahmah dalam Pernikahan Menurut Alquran

Apa saja hal-hal yang membuat pernikahan terasa begitu berarti?

Jawabannya bisa berbeda-beda tergantung masing-masing orang. Tapi, satu hal yang penting dan harus ada dalam sebuah pernikahan tentunya adalah cinta.

Rumah tangga tanpa cinta jelas tidak akan bisa berjalan harmonis, apalagi jika harus menghadapi berbagai konflik perkawinan di kemudian hari. Jika suami dan istri tidak dapat berbagi cinta mereka, maka rumah tangga mungkin tidak berakhir bahagia dan mengarah pada perpisahan.

Rasa sayang ini sepertinya merupakan arti dari kata Rahmah yang biasa di ucapkan dalam doa ketika sepasang suami istri melangsungkan pernikahan. Islam tentu mengajarkan arti Rahmat dan juga ada penjelasannya di dalam Al-Qur’an.

Jadi, mari kita selami pengertian rahmah dalam pernikahan menurut al-Qur’an agar kita dapat lebih memahaminya dan dapat menerapkannya dalam pernikahan kita sendiri.

1. Makna Rahmah dalam Pernikahan

Inilah Arti Rahmah dalam Pernikahan Menurut Al-Qur'an
Mari kita bahas dulu arti kata rahmah dalam pernikahan secara umum. Secara sederhana, kata rahmah berarti cinta.

Perasaan cinta menjadi salah satu hal penting yang harus ada dalam diri seseorang. Hati yang penuh dengan cinta pasti akan menuntun orang itu dalam kebaikan, selain itu jika dia adalah orang yang penuh cinta maka dia bisa membagikan perasaan itu kepada orang lain.

Suami istri yang memiliki perasaan sayang tentunya dapat menciptakan rumah tangga yang bahagia dan harmonis. Siapa yang tidak ingin rumah tangganya selalu bahagia? Oleh karena itu, pastikan Anda dan pasangan memiliki belas kasihan dan bisa menjaganya agar pernikahan selalu langgeng dan bahagia.

2. Makna Rahmat Menurut M. Quraish Shihab

Inilah Arti Rahmah dalam Pernikahan Menurut Al-Qur'an
Sekarang mari kita bahas pengertian rahmah menurut M. Quraish Shihab yang dikutip melalui islam.co. Menurutnya, rahmah berarti perasaan yang muncul setelah melihat ketidakberdayaan.

Manusia jelas tidak akan luput dari kesalahan, oleh karena itu suami istri wajib saling melengkapi kekurangan dan mencari kebaikan bagi pasangannya. Kesabaran, kelembutan, selalu lahir dari kasih karunia, oleh karena itu memiliki perasaan cinta dan kasih sayang dalam diri masing-masing adalah penting.

3. Makna Rahmat dalam Surat Al-Imran ayat 159

Inilah Arti Rahmah dalam Pernikahan Menurut Al-Qur'an
Makna rahmat dalam pernikahan menurut Al-Qur’an juga tertuang dalam Surat Al-Imran ayat 159 yang berbunyi:

Fa bima raḥmatim minallahi linta lahum, walaupun kunta faẓẓan galiẓal-qalbi lanfaḍḍụ min aulika fa’fu ‘an-hum wastagfir lahum wa syawir hum fil amr, fa iza ‘azamta fa tawakkal ‘alallah, innallaha yuḥibbul mutawakbul mutawakbul

Yang berarti :

Maka karena rahmat Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Jika Anda keras hati dan keras hati, mereka pasti akan menjauhkan diri dari orang-orang di sekitar Anda. Karena itu ampunilah mereka, mintalah ampunan bagi mereka, dan konsultasikan dengan mereka dalam masalah ini. Kemudian ketika Anda telah mengambil keputusan, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya.

4. Makna Rahmah dalam Surat Ar-Rum ayat 21

Inilah Arti Rahmah dalam Pernikahan Menurut Al-Qur'an
Selain Surat Al-Imran, makna rahmat juga terdapat dalam surat lain dalam Al-Qur’an, yaitu dalam Surat Ar-Rum ayat 21 yang berbunyi:

Wa min ayatihi an khalaqalakum min anfusikum azwajal litaskunu ilaiha wa ja’ala bainakum mawaddataw wa raḥmah, inna fi zalika la’ayatil liqaumiy yatafakkarụn

Itu berarti :

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya adalah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, agar kamu memelihara dan menemukan kedamaian di dalamnya, dan Dia menciptakan di antara kamu cinta dan kasih sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.

5. Menjaga rahmah dalam pernikahan

Inilah Arti Rahmah dalam Pernikahan Menurut Al-Qur'an
Setelah mengetahui pengertian rahmah, tentunya kita juga mengetahui bahwa cinta merupakan hal penting yang perlu dijaga dalam sebuah pernikahan. Menjaga komunikasi, misalnya, bisa menjadi salah satu cara untuk membangun hubungan yang harmonis di mana rasa sayang bisa tumbuh.

Ingat juga mengapa Anda dan pasangan memutuskan untuk menikah, menjaga cinta dan berjuang untuk mempertahankan rumah tangga yang harmonis. Setiap pernikahan pasti akan menemui masalah atau konflik, namun jika Anda dan pasangan mampu menjaga komitmen, tentunya masalah tersebut bisa diselesaikan.

Pertajam empati Anda dan juga pasangan Anda, karena cinta juga bisa dimulai dengan empati. Saling pengertian dan empati tentunya akan membuat rumah tangga menjadi tentram dan damai. Cinta atau belas kasihan juga akan menemani.

Itulah beberapa makna rahmah dalam pernikahan menurut al-Qur’an yang perlu Anda ketahui. Menjaga kemesraan terutama dalam berumah tangga tentu penting agar rumah tangga menjadi lebih tentram dan harmonis.

Share This Post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email