5 Tips Untuk Mempersiapkan Pernikahan Antar Bangsa

Pernikahan antar bangsa di dunia modern ini tentu tidak bisa dihindari, termasuk di masa pandemi ini. Ketika cinta telah bersemi, Anda bisa jatuh cinta dengan siapa saja tanpa memandang dari negara mana pasangan Anda berasal. Tentu saja, mempersiapkan pernikahan tidak semudah yang dikatakan pasangan ‘maukah kamu menikah denganku?’. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan termasuk tentu saja visa pasangan jika Anda akan tinggal di negaranya. Namun sebelum sampai ke sana, bagaimana mempersiapkan pesta pernikahan internasional dimana keluarga pasangan Anda akan datang ke Indonesia dan mengadakan pesta pernikahan bersama keluarga Anda nantinya. Bagaimana dengan kendala bahasa dan budaya yang harus Anda persiapkan?

Pernikahan Robert & Winda | Foto: Gambar Forelsket | Perencana: Varawedding

Temukan Informasi Lengkap Tentang Pernikahan Antar Bangsa

Mempersiapkan pernikahan yang berbeda budaya dan bahasa tidak sesulit yang Anda takutkan jika Anda ingin mencari informasi sebanyak mungkin. Anda bisa bertanya pada wedding organizer yang berpengalaman membantu pesta pernikahan dari berbagai negara. Kecuali negara dengan budaya yang sangat kental, pernikahan antar negara seperti yang berasal dari Eropa atau Amerika tentunya tidak terlalu sulit untuk dilangsungkan karena biasanya kendala bahasa bukanlah unsur utama dan biasanya lebih santai dan pengertian. Tugas Anda adalah mencari informasi lebih lanjut tentang pernikahan antar etnis, baik untuk aturan di Indonesia maupun di negara tempat suami Anda berada. Anda dan pasangan harus sama-sama memahami hal ini.

Pernikahan Waliana & Gordon | Perencana: Perencana & Penyelenggara Pernikahan Bestival

Wedding Organizer Berpengalaman Itu Penting

Wedding organizer berpengalaman akan selalu siap membantu Anda merencanakan dan mempersiapkan pernikahan internasional Anda. Bagi mereka, siapapun dan dari negara manapun pasangan pernikahan tidak menjadi masalah, karena yang terpenting adalah momen dan pengalaman tak terlupakan di hari pernikahan Anda. Jika Anda akan mempersiapkan pesta pernikahan bersama pasangan yang berasal dari negara lain di Indonesia, maka carilah wedding organizer yang berpengalaman untuk membantu Anda dan pasangan.

Pernikahan Grantika & Evgenii | Dekorasi: Proyek Lorong | Perencana: Varawedding

Pelajari Bahasa Pasangan Anda Sehingga Anda Dapat Berkomunikasi Dengan Keluarganya

Jika Anda serius ingin berkencan dengan pasangan, tentunya Anda akan memikirkan masa depan Anda untuk menikah dan tinggal di negara pasangan Anda. Misalnya, jika Anda akan menikahi pasangan Anda yang orang Jepang, Korea, Jerman, dan lain-lain yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibunya, tentu Anda sudah mulai berpikir untuk mempelajari bahasa pasangan Anda. Bahasa adalah faktor utama bagi Anda untuk berkomunikasi dengannya dan juga dengan keluarganya jika Anda akan tinggal di negara asal pasangan Anda. Oleh karena itu, pelajarilah bahasa tersebut saat Anda serius ingin menikah dengannya.

Pernikahan Keith & May | Foto: Delont Photoholic

Buat Buku Panduan Bilingual

Misalnya, Anda akan menikahi pasangan Anda yang berasal dari negara yang memiliki budaya kuat seperti: India, Jepang, Korea atau China, membuat buku panduan atau buku kecil yang menjelaskan arti dari event yang harus kalian berdua jalankan. Menulis tentang tradisi atau adat istiadat yang akan dilakukan oleh kedua mempelai, baik dalam tradisi Indonesia maupun dalam tradisi adat negara pasangan. Akan sangat berarti bagi keluarga, tamu, dan pasangan Anda untuk saling memahami dan menghormati dua budaya yang berbeda.

Pernikahan Grantika & Evgenii

Nikmati Perbedaan Budaya Itu Sendiri

Keanekaragaman budaya bukanlah perbedaan tetapi kekayaan yang bisa dinikmati. Dan, pernikahan itu sendiri adalah momen penuh warna, cinta, dan tradisi yang tidak hanya menjadi hari bahagia bagi kedua mempelai, tetapi juga keluarga dan teman dekat Anda. Maka nikmatilah keragaman budaya pernikahan antarbangsa ini. Foto pernikahan Anda akan menjadi saksi warna-warni perpaduan dua budaya dalam diri Anda dan pasangan.

Share This Post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email