Tips Yang Bisa Digunakan Ketika Melangsungkan Pernikahan

Tips Pernikahan – Pernikahan bukanlah sesuatu yang bisa dianggap enteng. Karena untuk melakukan sebuah pernikahan harus melalui berbagai persiapan. Setiap persiapan yang Anda lakukan akan lebih baik jika Anda menggunakan berbagai tips pernikahan yang diberikan oleh keluarga, kerabat, bahkan dapat menggunakan panduan referensi dari internet.

Tips menikah

Berbagai persiapan harus dilakukan terlebih dahulu saat akan menuju prosesi pernikahan. Namun, mempersiapkannya tidak semudah yang Anda pikirkan. Saat melakukan persiapan pernikahan sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari.

sumber : instagram.com/kalopsia.photo

Jika memang Anda belum terlalu paham bagaimana mempersiapkannya. Maka artikel ini akan memberi Anda beberapa tips pernikahan. Berikut penjelasannya.

  1. Tentu saja, melakukan pernikahan membutuhkan persiapan dana. Tentunya Anda dan pasangan memiliki tabungan khusus yang digunakan untuk prosesi pernikahan. Namun, jika dana yang sudah terkumpul belum terpenuhi.

Tindakan yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengatakan yang sebenarnya kepada keluarga Anda dan keluarga pasangan Anda. Dengan begitu keluarga bisa memberikan bantuan terkait dana. Anda tidak perlu merasa malu jika ingin menceritakan situasi keuangan yang Anda miliki.

sumber : instagram.com/balipixtura

 

  1. Hal kedua yang bisa Anda persiapkan adalah daftar perlengkapan pernikahan yang ingin Anda beli atau sewa. Tentu saja, daftarnya tercantum bersama dengan harganya.

Sebaiknya Anda membuat daftar perlengkapan sekaligus melihat dana yang Anda miliki. Jika memang ada beberapa peralatan yang tidak bisa disesuaikan dengan dana yang Anda miliki, maka lebih baik tidak menggunakan peralatan tersebut.

sumber : instagram.com/gusmankphotography

Hal ini karena Anda juga membutuhkan dana untuk hidup setelah prosesi pernikahan. Akan lebih baik jika Anda menyesuaikan peralatan dengan dana yang Anda miliki. Dengan begitu Anda tidak merasa terlalu terbebani masalah dana.

  1. Menentukan lokasi pernikahan tidak kalah penting untuk dipersiapkan. Jika memang lokasi rumah Anda memungkinkan untuk diadakan sebagai area pernikahan, maka sebaiknya Anda menggunakan area rumah Anda.

Selain dapat menghemat waktu, juga dapat menghemat anggaran Anda. Namun, jika Anda menggunakan gedung sebagai area pernikahan Anda, maka sebaiknya sesuaikan dengan undangan yang Anda bagikan.

 

sumber : instagram.com/gusmankphotography

Pasalnya, ukuran lokasi bangunan dan juga durasi sewa yang Anda lakukan akan mempengaruhi harga yang akan Anda dapatkan.

  1. Tentukan jumlah undangan yang akan Anda bagikan. Terkait dengan jumlah undangan akan berhubungan dengan makanan dan lokasi yang Anda gunakan. Karena banyaknya undangan akan dapat memperkirakan jumlah makanan yang akan disiapkan.

Selain itu, untuk jumlah undangan juga sangat berpengaruh dengan kursi dan ukuran lokasi yang Anda gunakan. Jika Anda tidak menggunakan kursi, Anda dapat mengadakan pernikahan bergaya prasmanan.

  1. Setiap pernikahan tentunya melewati berbagai proses yang harus dilalui. Misalnya, jika dalam Islam akan melalui tahap akad seperti halnya dengan agama lain. Beberapa bahkan menggunakan prosesi tradisional.

Sebaiknya Anda melakukan berbagai prosesi dalam rentang waktu dalam satu hari. Namun, alangkah lebih baiknya jika setiap rangkaian diagendakan secara berurutan agar tidak terjadi kekacauan dalam prosesi pernikahan yang Anda selenggarakan.

sumber : instagram.com/gusdephotography

  1. Pernikahan identik dengan pakaian. Anda bisa menyewa pakaian yang akan Anda gunakan saat prosesi pernikahan. Namun jika ingin membuat baju sendiri sebaiknya membeli kain sekitar bulan Januari atau bisa juga bulan Maret.

Perlu Anda ketahui bahwa di bulan tersebut harga kain memang sedang turun.

  1. Anda bisa menggunakan jasa WO atau wedding organizer. Namun, pilihlah yang menyediakan layanan dengan sistem paket sehingga mudah digunakan masalah anggaran.
  2. Tentunya akan lebih baik jika Anda menggunakan pengiring untuk membuat prosesi pernikahan Anda semakin meriah. Jika memang Anda memiliki teman atau saudara yang bisa memainkan alat musik dan bernyanyi, sebaiknya gunakan bantuan mereka sebagai pengiring musik Anda.

sumber : instagram.com/gusdephotography

  1. Mengabadikan setiap momen dalam sebuah pernikahan memang perlu. Anda bisa menggunakan jasa fotografi yang memberikan harga paket. Pilih paket sesuai dengan dana yang Anda miliki.

Tips pernikahan di atas memang bisa diterapkan pada prosesi pernikahan yang akan Anda selenggarakan.

Share This Post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email