Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Akad Nikah Anda

Tips Pernikahan – Akad nikah merupakan salah satu rangkaian acara pernikahan yang sakral dan merupakan inti dari upacara pernikahan. Oleh karena itu, akad nikah harus dipersiapkan dengan sangat baik, agar pada hari prosesi tidak ada kendala yang berarti bahkan menghambat proses perkawinan antara kedua mempelai.

Nah, bagi Anda calon pasangan ada baiknya untuk mencari informasi terlebih dahulu, apa saja persiapan akad nikah yang harus dilakukan agar bisa mewujudkan pernikahan yang lancar. Nah untuk itu kali ini saya hadir dengan beberapa tips mempersiapkan akad nikah dan semoga dapat membantu menambah informasi anda mengenai persiapan akad nikah anda.

Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Akad Nikah Anda

sumber : instagram.com/thebridestory

Mempersiapkan Konsep

Hal utama dan pertama yang harus Anda lakukan dalam persiapan pernikahan adalah mempersiapkan konsep kontrak pernikahan Anda. Meski kontrak sebenarnya dilakukan dengan cara yang sederhana, namun konsepnya tetap penting. Untuk itu, ada baiknya Anda merundingkan konsep akad nikah ini terlebih dahulu dengan pasangan Anda. Bicara tentang lokasi akad nikah, apakah jauh atau dekat dari tempat tinggal Anda dan pasangan. Lalu, apakah Anda membutuhkan jasa fotografer atau tidak dan konsep lainnya.

Atau mungkin, jika Anda malas mengurus semua hal tersebut secara detail, Anda juga bisa menyewa wedding organizer yang bisa membantu Anda dalam mengurus segala macam persiapan akad nikah Anda hingga resepsi pernikahan Anda di kemudian hari.

1636511647 518 Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Akad Nikah Anda

sumber : instagram.com/katakitaphoto

Mempersiapkan Administrasi

Selanjutnya, tips mempersiapkan akad nikah yang tidak boleh Anda lupakan adalah urusan administrasi. Secara administratif, banyak sekali berkas yang dibutuhkan untuk mengurus sebuah pernikahan baik yang bersifat agama maupun negara. Namun, jika Anda hanya ingin menikah secara agama, Anda mungkin tidak memerlukan banyak berkas seperti jika Anda juga memiliki pernikahan negara.

1636511648 405 Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Akad Nikah Anda

sumber : instagram.com/katakitaphoto

Nah, beberapa berkas yang harus kamu persiapkan untuk persiapan akad nikah ini antara lain KTP, KK, pas foto, materai, dan surat pengantar yang dikeluarkan dari domisili tempat proses akad nikah berlangsung. Nah, dalam memenuhi beberapa berkas tersebut memang harus dilakukan jauh-jauh hari, mengingat akan banyak pasangan yang ingin menikah dan harus menunggu administrasi terlebih dahulu. Idealnya, mungkin Anda bisa melakukan persiapan administrasi akad nikah sekitar 2 bulan sebelum prosesi pernikahan.

1636511650 573 Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Akad Nikah Anda

sumber : instagram.com/thebridestory

Jadi 2 bulan sebelum akad nikah, ada baiknya datang ke KUA untuk mengurus semua administrasi yang Anda butuhkan! Apalagi kami juga tidak tahu kalau mungkin ada file lain yang harus dilengkapi, sehingga jika ada kekurangan bisa langsung melengkapinya.

Mempersiapkan Mahar

Selanjutnya, hal yang perlu Anda persiapkan untuk akad nikah adalah mahar. Nah, mahar tentu menjadi hal yang harus dipenuhi dalam proses akad nikah ini. Nah, untuk mempersiapkan mahar ini, ada baiknya untuk mendiskusikannya kembali dengan pasangan Anda, jika ada permintaan khusus yang diinginkan pasangan Anda. Nah, untuk maharnya sendiri banyak pilihannya.

1636511652 480 Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Akad Nikah Anda

sumber : instagram.com/thebridestory

Bisa berupa perhiasan seperti gelang, kalung, dan tentunya cincin, atau beberapa barang lainnya seperti alat sholat (bagi muslim), rumah, dan masih banyak lagi. Proses mencari mahar juga harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Khusus untuk anda yang ingin maharnya memiliki kustomisasi sesuai dengan yang anda inginkan.

1636511653 536 Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Akad Nikah Anda

sumber : instagram.com/katakitaphoto

Mempersiapkan Diri untuk Mempelai Wanita

Terakhir, yang bisa Anda persiapkan adalah persiapan diri Anda dan pasangan untuk melaksanakan akad nikah sesuai waktu yang ditentukan. Persiapkan mental Anda agar tidak salah dalam mengucapkan akad. Kemudian, jangan lupa untuk menyiapkan orang-orang terkait, misalnya penghulu, kemudian wali, dan saksi pernikahan. Jangan sampai unsur-unsur penting saat Anda melakukan akad hilang bahkan menjadi penghambat prosesi akad nikah Anda.

1636511654 298 Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Akad Nikah Anda

sumber : instagram.com/thebridestory

Pastikan semuanya berjalan dengan baik untuk mewujudkan proses akad nikah yang tentunya juga baik. Itulah beberapa informasi tentang akad nikah. Sekali lagi, saya harap pernikahan Anda berjalan lancar!

Share This Post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

© 2020-2021 einvite.id – Undangan online modern dalam satu genggaman – Syarat & Ketentuan Hubungi KamiResellerBlogTentang Kami