5 Etika Menulis dan Mengirimkan Kartu Ucapan Terima Kasih

5-menulis-dan-mengirim-kartu ucapan terima kasih-1

tradisional, kartu ucapan terima kasih adalah cara bagi pengantin baru untuk berterima kasih kepada mereka yang terlibat dalam pernikahan mereka baik sebagai tamu atau vendor. berdasarkan ahli etiket pernikahan Elaine Swann, singkatnya isi a kartu ucapan terima kasih adalah: Ucapan Terima Kasih, sebutkan hadiah/jasa yang diberikan oleh pengirim dan katakan sesuatu tentang hadiah tersebut. Dengan format ini, si pengirim kado akan merasa dihargai dan senang karena kado yang dikirimkan bermanfaat bagi pengantin baru.

Menulis kartu ucapan terima kasih mungkin bukan hal yang biasa dilakukan di Indonesia. Namun, jika Anda memiliki banyak rekan kerja atau tamu dari luar negeri atau memiliki pasangan yang berkewarganegaraan asing, maka tulislah tata krama kartu ucapan terima kasih harus diperhatikan, karena merupakan sesuatu yang dianggap cukup penting. Simak beberapa tips dan trik di bawah ini, agar proses pengirimannya kartu ucapan terima kasih untuk berjalan dengan lancar!

Lakukan dengan rapi dan teratur

Siapkan sistem yang rapi agar penulisan kartu ini tidak menyulitkan Anda. Saat membuka hadiah, tulis hadiah yang dikirim di daftar tamu Anda. Dengan begitu ketika Anda menulis ucapan terima kasih, Anda dapat menulisnya dengan benar. Penulisan hadiah atau nama pengirim yang salah dapat dianggap tidak sopan oleh pemberi hadiah, jadi pastikan sistem Anda teliti dan rapi.

Jangan tunda

Tulis puluhan atau bahkan ratusan kartu ucapan terima kasih sepertinya tugas yang membosankan. Oleh karena itu, jangan tunda lagi dan selesaikan secepatnya. Biasanya, 3 bulan setelah menikah adalah waktu maksimal kartu ucapan terima kasih harus dikirim. Dan selain menunda menulis, jangan tunda lagi pengiriman kartu yang sudah ditulis! Untuk mempermudah proses penulisan, bagilah menjadi beberapa kelompok dan komitmen untuk menyelesaikan sejumlah kartu dalam sehari.

Bagikan tugas dengan pasangan Anda

Agar tidak membebani satu pihak saja, bagilah tugas menulis kartu ucapan terima kasih dengan pasangan. Sebaliknya, mereka yang mengenal penerima lebih baik harus menulis kartu ucapan terima kasih untuk mereka.

Gunakan kartu yang sesuai dengan tema pernikahan

Tip estetika, gunakan kartu yang sesuai dengan tema pernikahan Anda. Detail kecil ini dapat menambahkan sentuhan pribadi yang kuat pada kartu yang Anda kirim. Anda juga dapat meminta vendor kartu undangan Anda untuk membuat desain yang sesuai dengan tema untuk Anda kartu ucapan terima kasih, sehingga semua alat tulis pernikahan memiliki perasaan yang sama.

Bicaralah secara spesifik dan tulus

Saat menulis kartu ucapan terima kasih, tuliskan secara spesifik hadiah yang Anda terima dan apa yang Anda sukai darinya atau bagaimana Anda akan menggunakan hadiah tersebut. Misalnya, Anda berencana menggunakan pembuat kopi setiap pagi, tuliskan itu. Hal ini membuat pidato lebih pribadi. Hal penting lainnya, selalu tulis apa yang ingin Anda katakan dengan tulus di kartu. Jika ada sesuatu yang tidak benar, maka jangan ditulis. Menulis banyak kartu terkadang membuat kita lelah dan mengatakan apa saja yang terlintas di pikiran untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Beristirahatlah saat lelah namun pastikan setiap kata yang tertulis berasal dari hati.

Di bawah ini adalah contoh kata-kata kartu ucapan terima kasih yang dapat Anda gunakan untuk berbagai situasi.

Untuk orang yang memberi Anda hadiah yang Anda pilih atau sukai

Yang terhormat (nama tamu),

Terima kasih untuk pembuat kopi! (Nama pasangan) dan saya sangat menikmati membuat kopi setiap pagi dan bersemangat untuk membuat kopi sendiri setiap pagi di rumah. Kapan saja, datanglah ke rumah dan kami akan membuatkan kopi untuk Anda! Sekali lagi terima kasih telah menjadi bagian dari pernikahan kami.

(Nama pasangan)

Bagi yang memberikan hadiah berupa uang

Yang terhormat (nama tamu),

Terima kasih telah merayakan hari pernikahan Anda bersama kami! (Nama pasangan) dan saya sangat menghargai hadiah uang 1 juta rupiah dari anda. Berkat hadiah ini, kami dapat memanjakan diri di Spa favorit kami! Tidak sabar untuk melihat Anda segera!

(Nama pasangan)

Bagi mereka yang memberikan hadiah bersama sebagai sebuah kelompok, kirimkan setiap anggota sebuah kartu secara pribadi tetapi ucapkan terima kasih untuk semua yang ada di kartu tersebut.

Yang terhormat (nama tamu),

Terima kasih untuk penyedot debu ini! Sangat berguna untuk digunakan di rumah. Terima kasih telah menjadi teman yang sangat baik bagi kami dan kami tidak sabar untuk segera bertemu dengan Anda!

(Nama pasangan)

Bagi yang tidak hadir, tapi mengirimkan hadiah

Yang terhormat (nama tamu),

Terima kasih untuk pembuat kopi! Baguslah kau masih memikirkan kami. (Nama pasangan) dan saya minta maaf Anda tidak bisa menghadiri hari pernikahan. Semoga kita bisa segera bertemu!

(Nama pasangan)

Bagi mereka yang datang dari jauh untuk menghadiri pernikahan

Yang terhormat (nama tamu),

Terima kasih telah datang dari jauh untuk merayakan hari istimewa kami. (Nama pasangan) dan saya sangat menghargainya. Semoga Anda bersenang-senang seperti kami!

(Nama pasangan)

Bagi mereka yang menjadi bagian dari pesta pernikahan

Yang terhormat (nama tamu),

Terima kasih telah menjadi (peran) dalam pernikahan kami. Anda adalah teman yang sangat berharga bagi (Nama pasangan) dan saya. Memiliki Anda sebagai bagian dari hari istimewa ini membuatnya semakin berarti. Tidak sabar untuk berbagi pengalaman yang lebih bermakna dengan Anda.

(Nama pasangan)

Untuk vendor pernikahan

Yang terhormat (nama vendor),

(Nama pasangan) dan saya ingin berterima kasih atas foto-foto indah yang Anda ambil dalam pernikahan kami. Sangat senang bahwa (nama vendor) adalah bagian dari pernikahan kami. Terima kasih telah membantu mewujudkan pernikahan impian kami.

(Nama pasangan)

Share This Post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email