Persiapan Pernikahan, Wajib Catat!

Pernikahan merupakan peristiwa yang sangat sakral dan spesial. Pasalnya, pernikahan merupakan bagian penting dalam hidup yang akan dilakukan setidaknya satu kali dalam seumur hidup. Berdasarkan hal tersebut banyak pasangan yang melakukan hajat pernikahan dengan spesial dan dengan berbagai persiapan nikah yang matang.

Untuk Kalian yang hendak menikah juga wajib melakukan persiapan resepsi pernikahan dan mengetahui tips mempersiapkan pernikahan dengan berbagai keperluan pernikahan yang dibutuhkan. einvite.id dalam kesempatan kali ini akan membahas seperti apa saja persiapan pernikahan dan tahapan persiapan pernikahan yang perlu dilakukan.

Mulai dari menyiapkan list persiapan pernikahan, menyusun daftar undangan dan hal-hal lain yang harus dipersiapkan untuk menikah. Menyusun rencana pernikahan harus matang dan sempurna, hal tersebut juga membuat banyaknya bermunculan wedding organizer, yang mem

 

berikan jasa persiapan menjelang pernikahan dan lain sebagainya. Berikut daftarnya

Persiapan Pernikahan
persiapan pernikahan by einvite.id

 

1. Kesiapan Mental

Paling utama dari semua daftar persiapan nikah adalah menyiapkan mental. Sebagai seorang calon pengantin, baik mempelai pria atau mempelai wanita, harus sama-sama menyiapkan mental. Menghadapi pernikahan bukan hal yang sederhana, kita akan menghadapi hidup baru, menjalani hidup bersama pasangan dan hal baru lainnya yang belum pernah dialami sebelumnya.

 

Kesiapan mental juga berkaitan dengan bagaimana rumah tangga nantinya akan berjalan setelah pernikahan, akan tinggal di mana sebagai pasangan baru. Bagaimana biaya kehidupan dan lain sebagainya. Memikirkan kesiapan mental adalah hal wajib yang harus dilakukan sebagai langkah pertama dalam persiapan pernikahan.

2. Restu Keluarga

Selain mengikat perasaan cinta dan kasih sayang antar pasangan. Pernikahan juga merupakan jalinan antara dua keluarga besar. Baik bagi keluarga besar mempelai pria dan keluarga besar mempelai wanita. Oleh karena itu, restu keluarga menjadi hal yang paling penting dalam persiapan pernikahan.

Mempersatukan dua keluarga besar merupakan budaya pernikahan yang ada di Indonesia. Walaupun pernikahan hanya melibatkan pasangan pria dan wanita, namun dengan budaya yang kaya dan telah berakar sejak lama, mempersatukan dua keluarga besar merupakan hal penting dalam sebelum pernikahan. Maka restu keluarga, baik itu orang tua dan keluarga besar, merupakan hal yang sangat penting dalam sebelum melakukan pernikahan.

3. Tentukan Jadwal dan Tanggal Pernikahan

Hal yang tidak kalah penting dalam melakukan persiapan pernikahan selanjutnya adalah dengan menentukan jadwal dan tanggal pernikahan. Selain menentukan waktu dan tanggal yang baik, bagian persiapan ini juga bisa dilakukan ketika pertemuan antara dua keluarga besar. Ketika kedua keluarga saling bertemu dan bersilaturahmi, biasanya agenda penting yang dibicarakan adalah seputar tanggal pernikahan dan tempat acara berlangsung.

Satu hal yang harus dipastikan adalah tanggal pernikahan yang ditentukan tidak terlalu mepet dengan hari pernikahan. Misalkan silaturahmi antar keluarga besar dilakukan bulan Januari, pernikahan bisa dilakukan antara bulan Juli hingga Desember. Semua itu dilakukan untuk melakukan persiapan yang matang.

4. Mengikuti Bimbingan Pranikah

Salah satu persiapan pernikahan yang penting adalah mengikuti bimbingan pranikah yang diberikan oleh Kantor Urusan Agama Republik Indonesia. Hal ini tertuang dalam UU RI Nomor 16 Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas UU Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan. Isinya, setiap calon pengantin diwajibkan mengikuti bimbingan pranikah yang diadakan oleh Kantor Urusan Agama Kementerian Agama RI.

Lama masa bimbingan pranikah biasanya selama dua hari dengan waktu yang ditentukan setelah calon pengantin mendaftarkan pernikahannya ke kantor urusan agama setempat yang ada di sekitar domisili atau tempat tinggal.

5. Memanfaatkan Jasa Wedding Organizer

Mengurus pernikahan sendiri merupakan hal yang sangat rumit. Maka dari itu banyak jasa wedding organizer atau WO yang memberikan jasa persiapan pernikahan dan acara pernikahan untuk memudahkan para calon pengantin agar tidak repot melakukan banyak persiapan.

Dengan memanfaatkan jasa wedding organizer tidak akan membuat kita repot karena biasanya WO telah memiliki jasa lainnya, seperti katering, tempat, dekorasi dan lain sebagainya yang ditawarkan secara paket kepada setiap calon pengantin yang akan menggunakan jasa pernikahan. Jika dihitung secara jumlah biaya, menggunakan jasa WO dan mengurusnya sendiri sama-sama mengeluarkan dana yang tidak jauh berbeda.

6. Konsep Pernikahan

Persiapan pernikahan selanjutnya adalah seputar konsep pernikahan. Banyak sekali konsep pernikahan yang bisa dijadikan referensi, dari mulai konsep pernikahan outdoor hingga indoor. Menggunakan konsep tradisional dengan mengusung adat istiadat atau menggunakan konsep pernikahan modern yang mengadopsi pernikahan universal. Banyak referensi yang bisa digunakan, hal tersebut bergantung pada kenyamanan calon pengantin.

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam menentukan konsep pernikahan adalah mempertimbangkan tempat. Namun, biasanya jika Kalian menggunakan jasa wedding organizer, persoalan ini akan mudah di atas dan kita hanya akan mendapatkan laporan dan dimintai persetujuan oleh pihak wedding organizer.

7. Design Undangan

Salah satu hal penting yang harus dipikirkan sebagai bagian dari persiapan pernikahan adalah memikirkan desain undangan. Biasanya desain undangan akan disesuaikan dengan konsep pernikahan secara keseluruhan. Namun, di tengah kecanggihan dunia digital saat ini, desain undangan juga memiliki dua versi, satu versi digital dua versi biasa, einvite.id siap menyediakan undangan digital anda.

Versi digital biasanya menggunakan web khusus yang memberikan undangan dengan menyebarkannya melalui media sosial seperti instagram ataupun whatsapp. Walaupun sudah ada undangan khusus secara digital, undangan biasa secara konvensional yang dicetak juga merupakan hal yang penting harus disiapkan. Terutama untuk mengundang tamu-tamu yang berasal dari teman-teman orang tua kedua mempelai.

8. Souvenir Pernikahan

Souvenir pernikahan juga tidak kalah penting untuk dipikirkan. Hal ini akan memberikan kesan kepada para tamu undangan yang hadir ke pernikahan kita. Umumnya, souvenir pernikahan biasanya dengan memberikan gelas atau mug dengan bertuliskan nama calon pengantin.

Namun saat ini, banyak sekali ide souvenir yang bisa dipilih, mulai dari aksesoris hingga perlengkapan gadget. Hal ini tinggal ditentukan apa souvenir yang paling nyaman dan sesuai budget.

9. Menyiapkan Hal yang Tidak Terduga

Menyiapkan hal tidak terduga juga merupakan hal penting dalam persiapan pernikahan. Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang mempengaruhi jalannya acara pernikahan, hal tersebut harus benar-benar disiasati. Biasanya, pihak wedding organizer telah memiliki persiapan ini. Hal tersebut merupakan keunggulan menggunakan jasa wedding organizer.

Share This Post

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

© 2020-2021 einvite.id – Undangan online modern dalam satu genggaman – Syarat & Ketentuan Hubungi KamiAffiliateBlog

mandiri-logo

Silahkan pindai kode QR atau salin nomor rekening untuk memberikan amplop virtual kepada kedua mempelai

Screenshot_2020-12-20-22-37-24-414_com.gojek.app

Salin nomor rekening dibawah

Copy

An. Einvite.id

LOGO-BCA

Silahkan pindai kode QR atau salin nomor rekening untuk memberikan amplop virtual kepada kedua mempelai

Screenshot_2020-12-20-22-37-24-414_com.gojek.app

Salin nomor rekening dibawah

Copy

An. Einvite.id